Langsung ke konten utama

Cara Menggiringkan Burung Dara Piyik, Cara Cepat Menggiringkan Burung Dara Piyik, Menjodohkan Merpati.

Menggiringkan Burung Dara Atau Burung Merpati.

Burung dara biasanya dijodohkan atau sudah birahi sekitar bulu piyik tinggal lima helai atau empat, hal yang kita lakukan jika burung dara masih kategori piyik, pertama kita harus menjinakannya terlebih dahulu, tidak harus jinak banget si, ya minimal dipegang tidak ketakutan seperti meronta-ronta dan mengeluarkan bunyi seperti burung ketakutan "nngukk-nngukk".
Caranya Alami;

  1. Jika burung piyik lebih baik disilang dengan burung yang sudah pernah bertelur/dewasa, misalnya jatan piyik jodohkan dengan betina dewasa.
  2. Cukup dimandikan hingga basah sekali, buang kotoron yang biasanya menempel dibulu dubur dan di kuku-kuku. jangan lupa gunakan sampo anti kutu. jemur dipagi hari hingga kering, lalu isolasi burung (sendirian dikandang). lakukan ini minimal 2 hari sekali selama 1 minggu.
  3. Minggu kedua, umbar kedua burung yang ingin dijodohkan saja disekitar kandang. Selama 2 hari.
  4. Setelah itu masukan dalam satu kandang (pengeraman) biarkan burung berinteraksi secara sekat. lakukan ini selama 2 hari, insya allah dihari ketiga burung sudah giring. Jika belum, lakukan pengeraman diperpanjang hingga giring.
Cara Exstra;
  1. Lakukan cara 1 diatas cukup satu kali.
  2. Setelah pemandian selesai kandangkan dalam satu kandang ketika sore hari sampai pagi.
  3. Beri 5 butir merica pejantan dan betina.
  4. Di pagi hari kurung dalam kurungan sampai sore.
  5. lakukan ini sampai giring. Umumnya 4 atau 5 hari.
Catatan jika masih belum giring lakukan pemindahan burung dilokasi kandang lain. seperti tempat patner anda sesama pecinta burung merpati.

Postingan populer dari blog ini

Cara Cepat Mengobati Telo, Tetelo, Mengobati Tetelo, Menyembuhkan Tetelo Burung Merpati.

Cara Mengobati Tetelo Pada Burung Merpati, C ara Mengobati Tetelo Pada Merpati Tetelo atau Newcastle Disease(ND) disebabkan oleh virus. Gejala yang ditimbulkan biasanya; Gangguan pernapasan dan suara yang serak. Setelah itu 1 - 2 hari burung atau unggas yang terserang tetelo akan mengalami kelumpuhan. Di mulai dari kakinya lalu kemudian sayapnya tidak akan bisa digerakan. Atau kepala sering bergerakan memutar dari leher dan kepala burung, dikarnakan syaraf otot leher terserang virus ND. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah Pencegahan menggunakan vaksinasi ND. Meningkatkan kekebalan tubuh burung. Membersihkan kandang. Mengurangi intensitas kontak burung dengan burung luar. Sebenarnya vaksinasi ND seperti yang diterapkan pada ayam tidak selalu menggunakan jarum suntik. Umur 1 minggu, divaksin melalui tetes mata. Pada umur 1 bulan divaksin lagi melalu air minum. Saat berumur 6 bulan, biasanya mengulanginya lagi setiap 6 bulan sekali. Indukan burun

Macam - macam Burung Merpati, Jenis Burung Merpati, Merpati Hias, Burung Merpati.

Ada Beberapa Jenis Burung Merpati Didunia. Salam bekur guys.... Ternyata burung merpati tidak hanya di indonesia saja loh yang dilombakan. Di negara lain ternyata banyak juga burung merpati yang dilombakan dari perlombaan kecantikan dan perlombaan ketangkasan seperti kecapatan terbang dan gaya terbang. Beberapa Jenis Burung Merpati. Birmingham Roller Pigeon Frillback Pigeon Florentine Pigeon Barb Pigeon Ice Pigeon Brunner Pouter English Pouter Pigmy Pouter English Short Faced Tumbler English Carrier oriental Firll English Thumpeter German Modena Capuchin Red Saxon Fairy Swallow African owl Nun Pigeon Polish Helmet German helmet Budapest highflyer Sementara itu dulu, Foto dan keterangan masih diprosese :D

Tentang Supit Atau Wangkongan Burung Dara, Tentang Supit Atau Wangkongan Burung Merpati

Supit Atau Wangkongan Burung Dara. Supit ada 2 ciri khas yaitu tebal keras dan tipis lentur. Supit sangat berpengaruh penting pada burung ketika melakukan manuver/gesit atau turun, Karena tenaga burung yang sedang manuver bertitik pada supit. Supit yang tebal keras  , ciri supit ini carilah yang tebal keras dan jarak antara supit paling baik minimal 1cm atau 1,5cm. usahakan jaraknya jangan dibawah 1cm. Supit yang tipis lentur , ciri supit ini biasanya jarang disukai, tetapi belum tentu loh supit seperti ini turunnya tidak cepat atau terbangnya , karena banyak faktor yang mempengaruhi tetang kecepatan manuver burung. Memang supit berpengaruh besar dengan kecepatan manuver burung, tapi jika tulang sayap dll tidak mendukung juga dapat mengurangi kecepatan burung tersebut. Untuk supit ini carilah yang jaraknya antara supit 0,5 cm. Kesimpulanya, supit yang tebal carilah yang renggang dan jika supit yang tipis carilah yang rapet. kalo saya suka yang tebal keras jarak 1cm. Tetapi b